Apa sebenarnya sembelit? Sembelit merupakan keadaan tertahannya feses (tinja) dalam usus besar pada waktu cukup lama karena kesulitan pengeluarannya. Sembelit terjadi karena lemahnya atau tidak adanya gerakan peristaltic pada usus besar. Akibatnya, timbul perasaan tidak enak dan buang air besar yang tidak teratur.

Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya sembelit adalah:

• Pola makan yang tidak seimbang, seperti kurangnya makanan berserat (sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, beras tumbuk, agar-agar, dan lain-lain). 

Kurangnya cairan yang menyebabkan feses tidak lunak bahkan mengeras seperti batu.

Kebiasaan menunda buang air besar, hal ini menyebabkan keinginan buang besar lama-lama menjadi hilang. 

Kurang aktivitas gerak dan pekerjaan yang menuntut duduk terlalu lama. Hal tersebut menyebabkan usus besar kurang bekerja sehingga feses sulit turun.

Gangguan mekanis pada usus seperti kanker, radang dinding usus, usus yang menonjol keluar dan lain-lain. Gangguan pada saluran pencernaan tersebut tersebut menyebabkan proses pencernaan juga terganggu, sehingga buang air besar menjadi tidak lancar dan tidak teratur.

Sembelit Parah Indikasi Gangguan Jantung

Perempuan lanjut usia perlu waspada jika mengalami sembelit yang parah karena bisa jadi kondisi tersebut merupakan salah satu tanda jantung bermasalah. Sembelit parah terjadi jika buang air besar kurang dari satu kali per minggu. Sebanyak 35 persen dari perempuan itu mengalami sembelit. Dan selama beberapa tahun berikutnya, dibanding perempuan lain, mereka lebih mungkin mengalami sumbatan arteri, serangan jantung atau stroke, atau meninggal akibat penyakit jantung.

Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami Dengan Minyak Mas

 Maka dari itu untuk mencegah terjadinya sembelit sebaiknya mulai sekarang kita biasakan untuk mengjonsumsi serat yang cukup, baik serat yang berasal dari buah-buahan maupun sayuran. Kemudian luangkan sedikit waktu untuk berolahraga, jangan terlalu sering menahan keinginan untuk buang air besar segeralah ke belakang apabila anda sedang kebelet. Dan jangan terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan kimia yang dapat mengganggu pencernaan kita.

Apabila kita sudah terkena yang namanya sembelit segeralah urut-urut perut anda dengan menggunakan Minyak Mas.

Cara Pakai: Balurkan dan gosok secara merata dari lutut ke bawah sampai ke sela-sela jari kaki dan telapak kaki. Balurkan juga pada bagian pangkal paha, selangkangan, perut bagian bawah (siksikan), pinggang bagian belakang dan pantat. Lakukan setiap hari. Sembelit pun segera teratasi.

Incoming search terms:
  • obat tradisional sembelit
  • obat tradisional sakit sembelit