Penyakit Wasir adalah suatu penyakit yang terjadi pada anus di mana bibir anus mengalami bengkak yang kadang disertai pendarahan. Penyakit wasir ini tidak hanya memberikan rasa sakit kepada para penderitanya, tetapi juga memberikan rasa minder dan malu karena mengidap penyakit wasir.

Ada dua tipe Penyakit Wasir, yaitu penyakit wasir dalam (internal hemorrhoid) dan penyakit wasir luar (external hemorrhoid). Penyakit Wasir dalam timbul pada saluran usus yang dilapisi selaput lendir/mukosa, terjadi pembengkakan di dalam anus. Penyakit Wasir luar pembengkakan pembuluh darah vena terjadi di luar, penyakit wasir menonjol keluar dari rektum, sehingga terlihat di sekitar anus. 



Gejala–gejala adanya penyakit wasir yaitu pertama akan timbul rasa panas, gatal, dan nyeri pada dubur, adanya tonjolan keluar dari rektum pada saat buang air besar, tonjolan akan menjadi lebih besar seiring dengan tekanan abdominal dan harus ditekan ke dalam dengan tangan. Penyakit Wasir sering juga disertai dengan pendarahan, dalam banyak kasus darah segar keluar bersama feses sewaktu buang air besar. Rasa nyeri dan pendarahan bisa timbul dan hilang. Penderita penyakit wasir merasakan ketidaknyamanan terus-menerus.

Diagnosis Penyakit wasir yang membengkak dan terasa nyeri ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan di daerah anus dan rektum. Biasanya, penyakit wasir tidak membutuhkan pengobatan kecuali bila menyebabkan gejala.

Penyakit Wasir dalam yang besar dan tidak bereaksi terhadap suntikan skleroterapi, diikat dengan pita karet. Cara ini, disebut ligasi pita karet, meyebabkan wasir menjadi layu dan putus tanpa rasa sakit. Pengobatan penyakit wasir ini dilakukan dengan selang waktu 2 minggu atau lebih. Mungkin diperlukan 3-6 kali pengobatan.

Penyakit Wasir juga bisa dihancurkan dengan menggunakan laser (perusakan laser), sinar infra merah atau dengan arus listrik. Pembedahan mungkin digunakan bila pengobatan lain gagal. Nyeri dan pembengkakan biasanya akan berkurang beberapa saat kemudian, dan bekuan menghilang setelah 4-6 minggu. Pilihan lainnya adalah memotong vena dan mengeluarkan bekuan, yang dengan segera akan mengurangi nyeri. Ada cara lain pengobatan penyakit wasir secara herbal dengan mengonsumsi Xamthone plus. Khasiat Xamthone memiliki antioksidan yang menangkap radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Bukan hanya antioksidan, tetapi juga antiKanker, AntiVirus dan AntiBakteri. Xamthone plus mampu menyembuhkan penyakit wasir dalam maupun wasir luar.

 

 


Incoming search terms:
  • penyakit wasir
  • setelah laser ambeien bab tidak bisa dikontrol?
  • wasir ligasi denpasar