Kulit merupakan organ terluas penyusun tubuh manusia yang terletak paling luar dan menutupi seluruh permukaan tubuh. Fungsi kulit antara lain : melindungi permukaan tubuh, memelihara suhu tubuh, dan mengeluarkan kotoran-kotoran tertentu. Gangguan pada kulit sering terjadi karena berbagai faktor penyebab, antara lain yaitu iklim, lingkungan tempat tinggal, kebiasaan hidup yang kurang sehat, alergi, dan lain-lain. Beberapa jenis penyakit kulit manusia antara lain yaitu :

1.      1. Eksim (ekzema)

Merupakan penyakit kulit manusia yang ditandai dengan kulit kemerah-merahan, bersisik, pecah-pecah, terasa gatal terutama pada malam hari, timbul gelembung-gelembung kecil yang mengandung air atau nanah, bengkak, melepuh, tampak merah, sangat gatal dan terasa panas.

2.      2. Kudis

Kudis adalah penyakit kulit manusia yang menular, memiliki gejala gatal, dan rasa gatal tersebut akan lebih parah pada malam hari. Sering muncul di tempat-tempat lembab di tubuh seperti misalnya, tangan,ketiak,pantat, dan terkang di celang jari tangan atau kaki.

3.      3. Kurap

Penyakit Kurap merupakan penyakit kulit manusia yang menular yang disebabkan oleh jamur. Gejala kurap mulai dapat dikenali ketika terdapat baian kecil yang kasar pada kulit dan dikelilingi lingkaran merah muda.

4.      4. Bisul (Furunkel)

Bisul merupakan penyakit kulit manusia berupa benjolan, tampak memerah, yang akan membesar, berisi nanah dan terasa panas, dapat tumbuh di semua bagian tubuh, namun biasanya tumbuh pada bagian tubuh yang lembab, seperti : leher, lipatan lengan, atau lipatan paha, kulit kepala.

5.      5. Panu

Panu merupakan penyakit kulit manusia yang disebabkan oleh jamur. Penyakit panu ditandai dengan bercak yang terdapat pada kulit disertai rasa gatal pada saat berkeringat. Bercak-bercak ini bisa berwarna putih,coklat atau merah tergantung warna kulit si penderita.

Upaya Pencegahan Penularan Penyakit Kulit Manusia

1.    1. Tingkatkan kebersihan diri

2.  2.Tingkatkan kekebalan tubuh dengan cara banyak mengkonsumsi makanan bergizi (multivitamin) dan istirahat yang cukup.

3. 3. Hindari kontak langsung dengan penderita penyakit kulit,bila bersinggungan/bersentuhan dengan penderita penyakit kulit,segera cuci tangan menggunakan air bersih yang mengalir bila perlu menggunakan sabun.

4.  4. Hindari penggunaan perlengkapan pribadi secara bersamaan (selimut, pakaian, handuk, sabun mandi, dll)

Obat Herbal Penyakit Kulit Manusia

1.      1. Kudis, gatal-gatal

Untuk pengobatan luar penyakit kulit manusia, cukup ambil daun, kulit, batang, atau akar salam seperlunya. Cuci bersih, lalu giling halus sampai menjad adonan seperti bubur. Balurkan ke tempat yang gatal, kemudian dibalut.

2.     2.  Borok, luka, dan kutil

Penykit kulit manusia ini cukup diolesi dengan getah buah jambu monyet atau jambu mete selama beberapa hari sampai luka mengering.

Untuk kutil, petiklah 5 lembar DAUN DEWA, tumbuk daun hingga halus.

3.     3. Bisul, eksim, dan penyakit kulit manusia lainnya

Helaian mahkota bunga teratai ini dibakar, akan menghasilkan abu yang juga berkhasiat sebagai obat. Abu ini bisa dimanfaatkan sebagai obat luar untuk menyembuhkan bisul, eksim, dan penyakit kulit manusia lainnya.

Incoming search terms:
  • penyakit kulit manusia
  • penyakit pada kulit manusia
  • penyakit kudis pada manusia
  • penyebab kudis
  • Kulit manusia
  • penyakit kulit pada manusia
  • penyakit hidung manusia
  • penyebab penyakit kudis
  • macam penyakit kulit manusia
  • Obat kudis