cacingan

cacingan

Obat cacingan (Antelmintik) adalah obat yang digunakan untuk memberantas atau mengurangi cacing dalam lumen usus atau jaringan tubuh. Sebagian besar obat cacingan efektif terhadap satu macam kelompok cacing, sehingga diperlukan diagnosis yang tepat sebelum menggunakan obat tertentu. Obat cacingan diberikan secara oral yaitu pada saat makan atau sesudah makan dan beberapa obat cacingan perlu diberikan bersama pencahar.

Ada beberapa obat cacingan,yaitu:

-Mebendazol, Tiabendazol, Albendazol

-Piperazin, Dietilkarbamazin

-Pirantel, Oksantel

-Levamisol

-Praziquantel

-Niklosamida

-Ivermectin

Combantrin adalah obat cacingan yang bekerja mengatasi :

  1. cacing kremi
  2. cacing gelang
  3. cacing tambang
  4. cacing Trichostrongylus colubriformis

Pirantel pamoat dapat digunakan untuk pengobatan infeksi yang disebabkan oleh suatu jenis cacing atau lebih pada orag dewasa dan anak-anak. obat cacingan ini dapat ditoleransi dan tidak akan melekat pada pakaian oleh kontaminasi feses.

Cara Kerja Obat cacingan ini:
Pirantel Pamoat melumpuhkan cacing dengan cara mendepolarisasi senyawa penghambat neuromuskuler dan mengeluarkannya dari dalam tubuh biasanya tanpa memerlukan pencahar.

Mekanisme kerja obat cacingan yaitu dengan menghambat proses penerusan impuls neuromuskuler sehingga cacing dilumpuhkan. Mekanisme lainnya dengan menghambat masuknya glukosa dan mempercepat penggunaan (glikogen) pada cacing.

Banyak obat cacingan memiliki khasiat yang efektif terhadap satu atau dua jenis cacing saja. Hanya beberapa obat saja yang memiliki khasiat terhadap lebih banyak jenis cacing. Selain itu ada obat cacingan yang baik digunakan yaitu obat herbal atau obat tradisional,contohnya buah-buahan. Buah-buahan banyak mengandung vitamin A dan C sebagai antioksidan. Juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain. Selain itu jamu merupakan obat cacingan khususnya secara tradisional.

Ramuan Obat cacingan secara tradisional:

  1. 25 gram bangle, 25 gram temu hitam, 10 gram biji ketumbar, dan 5 buah tangkai daun sirih (diiris-iris tipis) direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc kemudian diminum selagi hangat, untuk 2 kali minum. Pemakaian : Konsumsi secara teratur 2 kali sehari
  2. 60 gram krokot segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat dan krokotnya dimakan. Pemakaian : Konsumsi secara teratur 2 kali sehari

TERAPI PENGOBATAN CACINGAN

  1. Balurkan minyak kutus kutus pada bagian telapak kaki sampai ke betis
  2. Balurkan di sepanjang tulang punggung
  3. Dan yang terakhir jangan lupa balurkan di perut, hingga minyak meresap

KUTUS KUTUS membantu memperbaiki fungsi titik refleksi tubuh anda yang berhubungan dengan msalah pencernaan anda tersebut. Selain aromanya yang menenangkan juga tidak terlalu panas sehingga membantu anda dalam berisitirahat. Ketika tubuh bekerja secara optimal, maka tubuh akan mengatasi segala problem yang ada di dalam.

Incoming search terms:
  • obat cacingan
  • obat cacing untuk dewasa
  • obat cacing
  • obat cacing dewasa
  • antelmintik adalah
  • antelmintik
  • mekanisme kerja pirantel pamoat
  • pirantel pamoat
  • obat cacingan untuk dewasa
  • obat cacingan dewasa