penyakit batuk

penyakit batuk

Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, bahkan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.

Ada beberapa jenis batuk dan penyebabnya:

* Batuk rejan. Batuk yang kerap diakhiri dengan suara seperti ingin muntah ketika kita mengambil nafas. Batuk seperti ini disebabkan oleh bakteri pertussis, yang dapat menular melalui percikan cairan dari hidung atau mulut orang yang terinfeksi, yang dapat keluar karena bersin, batuk, atau tertawa.

* Batuk sesak. Batuk dengan suara nafas yang keras, seperti ada lendir di dalam dada. Suara yang timbul adalah akibat dari pembengkakan di sekitar pita suara (pangkal tenggorokan) dan batang tenggorokan. Biasanya disebabkan oleh virus.

* Batuk kering. Batuk dengan suara nyaring dan membuat perut ikut sakit, biasanya makin parah saat malam hari. Bisa disebabkan karena masuk angin, bronchiolitis, atau asma.

* Batuk produktif/batuk basah. Batuk yang sering diiringi dengan riak atau lendir, yang biasanya disebabkan oleh infeksi atau asma.

* Batuk bronchiolitis. Batuk yang diikuti suara nyaring seperti bersiul saat bernafas. Batuk seperti ini biasanya disebabkan infeksi virus yang terjadi pada saluran udara kecil pada paru-paru yang disebut bronchioles. Penyebab lainnya adalah asma.

Pengobatan Batuk

Ada dua cara mengobati batuk berdahak, yaitu dengan obat dan tanpa obat. Batuk berdahak yang masih ringan dapat dikurangi dengan cara sering minum air putih. Gunanya adalah untuk membantu mengencerkan dahak dan mengurangi iritasi atau rasa gatal. Cara lain adalah minum obat batuk. Tapi tidak boleh sembarangan. Obat batuk yang digunakan harus sesuai dengan jenis batuk.

Selain dengan obat,minyak juga dapat menghilangkan batuk. Salah satunya minyak obat mas. Saat ini banyak beredar obat-obatan yang tidak aman untuk dikonsumsi baik itu berupa pil, kapsul, kaplet  yang mengandung bahan berbahaya sehingga apabila dikonsumsi bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Karena itu, penggunaan Minyak Obat (Minyak Mas) untuk mengobati penyakit,adalah solusi cerdas karena Minyak Obat (Minyak Mas) merupakan obat luar yang aman dari efek samping berbahaya.

TERAPI PENGOBATAN PENYAKIT BATUK

  1. Balurkan minyak kutus kutus pada bagian telapak kaki sampai ke betis
  2. Balurkan juga di sepanjang tulang punggung
  3. Dan yang terakhir jangan lupa balurkan di dada serta tenggorokan

KUTUS KUTUS membantu memperbaiki fungsi titik refleksi tubuh anda yang berhubungan dengan penyakit batuk. Selain aromanya yang menenangkan juga tidak terlalu panas sehingga membantu anda dalam berisitirahat. Ketika tubuh bekerja secara optimal, maka tubuh akan mengatasi segala problem yang ada di dalam.

Comments

comments

Incoming search terms:
  • obat tradisional batuk kering
  • obat batuk kering tradisional
  • batuk sampai perut sakit
  • batuk muntah
  • otot perut sakit saat batuk
  • perut sakit ketika batuk
  • batuk kering sampai perut sakit
  • batuk sakit perut
  • obat tradisional untuk batuk kering
  • saat batuk perut sakit